Sandblasting

Hampir semua orang pasti mempunyai barang yang terbuat dari metal atau besi. Perlu diketahui bahwa barang-barang yang terbuat dari metal atau besi nantinya akan berkarat.

Bagi seseorang yang ingin menghilangkan karat, tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini ada cara yang efektif untuk menghilangkan karat yaitu Sandblasting.

Untuk yang belum tahu apa itu Sandblasting, berikut adalah beberapa penjelasan tentang Sandblasting. Kupas apa itu Sandblasting secara tuntas agar orang-orang dapat mengatasi benda yang sudah berkarat.


Pengertian Sandblasting

Dengan adanya Sandblasting, sekarang masyarakat tidak perlu khawatir atau bingung lagi saat ada barang-barang yang berkarat.

Sandblasting adalah...

Sandblasting adalah sebuah proses penyemprotan abrasive material dimana dalam penyemprotan tersebut terdapat material pasir silica atau steel grit.

Penyemprotan tersebut dilakukan dengan tekanan yang sangat tinggi pada permukaan benda yang berkarat.

Perlu diketahui bahwa penyemprotan tersebut bertujuan untuk menghilangkan material-material pengganggu seperti karat, cat, garam, oli dan lain-lain.

Tujuan lain dari Sandblasting adalah untuk membuat permukaan benda menjadi lebih rekat terhadap bahan pelindungnya misalnya cat.

Proses Sandblasting ini tercipta karena terinspirasi dari teknologi yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang gas, oli, fabrikasi dan industri. Pada perusahaan tersebut, teknologi Sandblasting digunakan untuk membersihkan dan mengupas sebuah lapisan yang menutupi alat yang berbahan dasar metal atau besi.


Jenis Sandblasting

Perlu diketahui bahwa Sandblasting terbagi menjadi 2 jenis yakni Dry Sandblasting dan Wet Sandblasting.

Brikut adalah penjelasannya:

1. Dry Sandblasting

Perlu diketahui bahwa Dry Sandblasting adalah sebuah proses sandblasting yang diaplikasikan pada barang atau benda yang berbahan dasar besi atau metal, namun tidak berisiko terbakar.

Dry Sandblasting biasanya diaplikasikan pada rangka mobil, bodi mobil, tiang-tiang pancang, bodi kapal laut dan lain-lain.

2. Wet Sandblasting

Proses Wet Sandblasting ini biasanya diaplikasikan pada barang atau benda berbahan metal atau besi yang memiliki risiko terbakar.

Penggunaan Wet Sandblasting

Wet Sandblasting ini juga digunakan pada barang atau benda berbahan metal atau besi yang terletak pada tempat yang berisiko terjadi kebakaran.

Tempat yang biasanya dapat berisiko terjadi kebakaran misalnya pom bensin, kilang minyak dan lain-lain.

Proses Wet Sandblasting ini biasanya menggunakan pasir silica yang dicampur dengan bahan kimia khusus anti karat. Bahan kimia tersebut berguna untuk meminimalisir percikan api saat proses Wet Sandblasting berlangsung. Dengan adanya bahan kimia khusus anti karat tersebut maka proses Sandblasting akan berlangsung dengan aman dan tidak akan terjadi kebakaran.

Perbedaan Dry dan Wet Sandblasting

Perlu diketahui bahwa proses Dry Sandblasting dan Wet Sandblasting tetap menggunakan alat yang sama. Perbedaan antara kedua proses tersebut hanya terletak pada campuran bahan kimia saja.

Alat yang digunakan untuk melakukan Sandblasting terdiri dari tabung penyaring udara, kompresor, selang, nosel, tabung penampung pasir dan helm yang harus dikenakan oleh operator Sandblasting.


Keunggulan Sandblasting

1. Dapat Melepaskan Cat Lama Yang Sudah Rusak Atau Pudar

Keuntungan yang satu ini sangat bermanfaat bagi banyak orang yaitu Sandblasting dapat mengelupaskan cat lama yang sudah pudar atau rusak pada benda atau barang yang terbuat dari besi.

Jadi benda berbahan besi yang catnya rusak dapat menjadi seperti baru lagi setelah dilakukannya proses Sandblasting.

2. Membersihkan Permukaan Besi Dari Karat

Besi yang berkarat dapat dikembalikan lagi seperti semula dengan proses Sandblasting. Sandblasting ini berguna untuk membersihkan permukaan besi dari karat, cat, minyak, tanah, garam dan lain-lain.

Jadi benda berbahan dasar besi yang sudah berkarat dan kotor dapat kembali bersih dan bebas karat hanya dengan proses Sandblasting.

3. Membuat Profile (Kekasaran) Permukaan Besi Atau Metal Agar Cat Dapat Melekat Sempurna

Dengan adanya proses Sandblasting ini, benda-benda yang terbuat dari metal atau besi dapat terbebas dari karat. Selain itu Sandblasting juga dapat membuat profile atau kekasaran pada permukaan suatu benda agar nantinya cat dapat menempel dengan sempurna.

Jadi benda yang tadinya berkarat akan menjadi seperti baru setelah melakukan proses Sandblasting.

4. Proses Cepat

Perlu diketahui bahwa proses penghilangan karat dengan Sandblasting ini tidak memakan banyak waktu. Walaupun prosesnya cepat, namun hasil dari proses Sandblasting ini sangat memuaskan.

Benda berkarat akan kembali bersih seperti baru lagi. Selain itu benda tersebut juga dapat dicat ulang dan hasilnya akan lebih memuaskan.


Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang Sandblasting yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Jadi dengan adanya sandblasting, masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan benda yang sudah berkarat.

 

Leave a Comment