Peralatan Sandblasting

Metode membersihkan bahan logam ukuran besar dari karat misalnya baut jembatan bisa dilakukan dengan sandblasting.

Metode ini memanfaatkan pasir bertekanan tinggi yang sengaja disempotkan pada media logam yang ingin dibersihkan. Di bawah ini akan dijelaskan apa itu alat sandblasting serta jenis alat-alat dan fungsinya pada sandblasting.

Apa Itu Alat Sandblasting?

Alat sandblasting yaitu seperangkat peralatan yang digunakan sebagai langkah pembersihan suatu material logam dari adanya karat atau kotoran lain yang melekat.

Cara kerjanya yaitu dengan menyemprotkan pasir bertekanan tinggi pada material logam yang ingin dibersihkan hingga terjadi pengelupasan. Metode ini dikenal sangat efektif untuk melawan karat pada bahan logam.

Proses Sandblasting
Proses sandblasting sendiri akan mengakibatkan permukaan bidang material yang dibersihkan akan menjadi kasar. Namun permukaan kasar ini justru akan memudahkan dalam hal lain. Seperti misalnya untuk pengecatan ulang, sehingga cat dapat lebih menempel dengan erat.

Peralatan dan Fungsinya pada Sandblasting

Proses sandblasting dikenal merupakan metode yang paling tepat untuk langkah pembersihan material terutama berbahan logam dari kontaminasi karat atau kotoran lain. Untuk melakukan proses ini tentu diperlukan alat-alat yang harus disediakan.

Berikut alat-alat dan fungsinya pada sandblasting untuk membersihkan logam dari karat.

1. Kompresor

Alat-alat dan fungsinya pada sandblasting yang pertama yaitu mesin kompresor. Alat ini juga biasa disebut air pump unit. Fungsi dari alat ini sendiri merupakan sebagai pompa udara. Alat ini akan bekerja dengan memberikan tekanan udara saat proses penyemprotan pasir.

Kebanyakan alat kompresor yang digunakan merupakan kompresor listrik. Dengan sumber energi yang berasal dari generator listrik. Bisa juga jika memungkinkan dapat menginput listrik dari PLN. Pada kompresor telah tersedia barometer. Barometer ini berfungsi untuk mengatur berapa tekanan yang ingin digunakan untuk menyalurkan pasir saat proses sandblasting.

2. Bak Pasir

Bak pasir menjadi salah satu peralatan pada proses sandblasting tentu mempunyai fungsi tersendiri. Untuk Bak Pasir tersebut tentu saja berguna untuk menampung pasir yang digunakan untuk proses sandblasting itu sendiri. Dalam prosesnya, pekerja hanya harus memasukkan pasir ke dalam bak tersebut.

Namun ingat usahakan pasir yang dimasukkan pada bak, jumlah nya tidak melebihi 80% dari volume bak itu sendiri. Hal ini dikarenakan sisa ruang akan digunakan sebagai ruang vakum udara. Sebaiknya isi kembali bak pasir ketika volume pasir sudah berkurang sekitar 40%.

3. Selang

Selang ini fungsinya untuk menyalurkan udara dari kompresor menuju nozel atau pot penyemprotan. Nantinya tekanan pasir yang keluar dari ujung nozer dapat dipengaruhi oleh selang ini. Semakin panjang selang yang digunakan semakin kecil juga tekanan yang dihasilkan. Begitu juga dengan sebaliknya.

Hati-hati juga ketika memegang selang ini saat proses sandblasting berlangsung. Oleh karena selang memiliki tekanan tinggi akan membuat seperti hentakan-hentakan yang bisa dirasakan. Usahakan untuk tetap kuat memegang selang tersebut. Jika sampai terlepas pasti akan cukup membahayakan. Selang dapat melompat dan berputar-putar dan bisa melukai pekerja.

4. Nozel (Pot Penyemprotan)

Yang perlu diperhatikan ketika proses sandblasting, saat memegang nozel ini. Usahakan tidak mengarahkan nozel pada bidang yang ingin dibersihkan dengan terlalu jauh atau sebaliknya (terlalu dekat). Jika terlalu dekat maka akan berefek pada timbulnya debu yang berlebihan. Namun tidak disarankan juga terlalu jauh karena dapat menimbulkan proses abrasifnya kurang maksimal.

5. Helm Serta Pakaian Pelindung Khusus

Salah satu alat-alat dan fungsinya pada sandblasting yang lain yaitu helm pelindung khusus untuk digunakan operator atau pekerja. Helm ini dibentuk sedemikian rupa untuk melindungi mata atau hidung dari kemungkinan terkena pasir, debu atau sisa karat. Sekaligus juga dapat menjadi filter suara untuk indera telinga.

Sudah diketahui jika kompresor akan menimbulkan suara lumayan bising yang tidak baik untuk pendengaran. Namun tidak hanya bagian kepala saja yang harus dilindungi. Maka sebaiknya pekerja juga memakai pakaian safety khusus sebagai pelindung badan. Pakaian ini biasanya terbuat dari parasut untuk menghalau kemungkinan adanya pasir, atau serpihan karat mengenai tubuh.

6. Pasir

Proses sandblasting merupakan salah satu cara pembersihan bahan logam dari karat atau pengotor lain dengan menyemprotkan pasir bertekanan tinggi. Ini berarti pasir menjadi salah satu alat untuk mendukung proses ini.

Pasir sendiri bisa menjadi komponen utama sandblasting karena pasir lah yang akan membantu karat bisa terkelupas dari logam.

Pasir yang digunakan juga bermacam-macam. Tergantung pada bahan logam apa yang ingin dibersihkan. Contoh jenis pasir yang digunakan yaitu pasir silica, Alumininium Silicate atau biasa disebut Coal Slag Grit serta Glass Granulates. Jenis pasir lain yang bisa juga digunakan yaitu Olivine dan Garnet.

Baca juga: Jenis Pasir Sandblasting

7. Pop Up Valve

Pop Up valve ini juga merupakan peralatan sandblasting yang keberadaannya cukup penting. Ketika udara mulai masuk menuju nozel (pot penyemprotan) , valve ini akan otomatis naik untuk menyegel O- Ring.

Dengan begini tidak akan ada udara yang keluar (hanya pasir dengan tekanan tinggi). Penyemprotan akan lebih maksimal dan efisien.


Itulah uraian tentang apa itu alat sandblasting serta beberapa jenis alat-alat dan fungsinya pada sandblasting.

Proses sandblasting memang metode paling efektif dan cepat terutama untuk membersihkan material logam dari karat. Walaupun begitu dalam penggunaannya disarankan untuk tetap berhati-hati bagi pekerja.

Leave a Comment