Keunggulan Powder Coating

Pengecatan menggunakan teknik power coating merupakan sebuah metode yang banyak dilakukan untuk pewarnaan. Hal ini karena hasil dari power coating terlihat lebih sempurna dibandingkan dengan yang lainnya.

Untuk selengkapnya, simak informasinya berikut ini!


Keunggulan Power Coating

Ketika melakukan pewarna menggunakan power coating ini, seseorang akan menganggap bahwa metode ini akan menghasilkan warna yang tajam dan tahan lama. Keunggulan dari power coating ini, antara lain:

1. Warna Terlihat Tajam

Seseorang melakukan pewarnaan tentunya supaya objek yang diwarna terlihat bagus. Ketika menggunakan power coating ini, warna yang dihasilkan aka terlihat lebih tajam.

Penggunaan teknik power coating ini akan mampu menghasilkan warna yang lebih stabil dan terkenal tebal. Biasanya ketebalan dari power coating ini bisa mencapai 350 micron. Hal itu yang membedakan dengan pengecatan biasa yang hanya 30 hingga 40 saja.

2. Mampu Menutup Hingga Sempurna

Ketika menggunakan proses power coating, wana yang dihasilkan akan mampu menutup pori-pori hingga sempurna.

Ketebalan yang maksimal akan menjadikan terlihat menutup secara maksimal. Lain halnya ketika menggunakan proses biasa. Dalam jangka waktu tertentu akan menjadikan cepat retak bahkan pori-pori terlihat dan menimbulkan karat.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Media yang sering digunakan dalam power coating ini bisanya ramah lingkungan. Hal tersebut menjadikan aman untuk kesehatan penggunanya.

Dalam teknik power coating ini, tidak perlu melarutkan sebuah cat. Hal ini menjadi alasan penunjang ramah lingkungan.

4. Lebih Efisien

Power coating ini menjadikan lebih efektif dan juga efisien. Penyebaran warna dalam power coating ini menjadikan penggunaan bahan cat lebih hemat.

Terlebih ketika menggunakan bantuan alat pada power coating tidak perlu melakukan pengecatan ulang yang akan menghemat waktu. meskipun begitu, hasil yang diperoleh juga lebih maksimal dibandingkan yang lainnya.

5. Tidak Memiliki Resiko Kesehatan

Ketika power coating lebih ramah lingkungan, tentu akan aman untuk kesehatan. Terkadang dalam melakukan pengecatan akan menimbulkan bau yang menyengat.

Dengan menggunakan teknik power coating ini tidak akan menghasilkan bau yang menyengat. Sehingga ketika penggunaan akan sangat minim ketika mengalami resiko yang dihasilkan.

6. Hasil Permukaan Lebih Keras

Selain warna yang dihasilkan maksimal, hasil dari permukaan akan lebih keras dan juga tahan gores. Hal ini akan menjadikan hasil dari power coating akan lebih aman dan juga terlihat berkualitas. Permukaan yang keras tentunya akan lebih terlihat kokoh.

7. Memiliki Sifat Adhesif Kuat

Power serbuk yang menyatu akan menambah daya kuat adhesifnya. Logam dan power serbuk yang menyatu tentunya juga akan masa pakai dari logam tersebut.

8. Modal Lebih Sedikit

Meskipun hasil yang dihasilkan dari power coating ini terbilang maksimal, namun modal yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.

Biaya operasional dan peralatan yang digunakan lebih rendah dibandingkan ketika menggunakan cat secara konvensional.

9. Kemudahan Pemeliharaan

Cara pembilasan dalam proses power coating ini akan memudahkan dalam pemeliharaan.

Cukup menggunakan sabun dan juga pembersihan air, dengan mudah untuk mengembalikan permukaan yang dilapisi menggunakan power coating tersebut.


Peralatan dalam Power Coating

Melihat keunggulan dari power coating ini, alat yang digunakan juga simpel namun sanagt mendukung. Alat yang digunakan seperti halnya electrik spray gun.

Alat sprat gun ini memiliki fungsi sebagai kontrol utama seperti halnya:

  • Pengaturan bahan finishing. Besar kecilnya bahan yang akan dikeluarkan dari alat ini akan diatur oleh alat pengatur volume yang ada. Adanya knop yang ada pada spray gun akan mampu menarik bahan finishing keluar dan dalam takaran pas.
  • Pengatur volume jumlah udara. Arah dan ukuran yang diatur dalam lubang angin akan diatur dalam spray gun yang mengatur volume udara. Hal ini akan menghasilkan pengaturan yang sempurna dan berkualitas terhadap bahan objek.
  • Pengatur tekanan udara. Kontrol terakhir yang digunakan untuk mengatur penyemprotan terhadap finishing dalam poer coating ini semakin menjadikan kualitas dari pewr coating berbeda.

Jenis Lapisan dalam Power Coating

Ada kategori dalam jenis lapisan power coating tersebut. Kategori tersebut meliputi termoset dan juga termoplastik.

Perbedaanya hanya ketika termoplastik tidak akan mengalami tambahan pemanggangan atau pemanasan.

Sedangkan dalam termoset, mengalami pemanggangan lebih lama sehingga formula pada objek baik logam maupun alumunium bereaksi dengan kimia yang ada. Polimer yang biasa digunakan pada power coating ini seperti halnya poliester, poliuretan, akrilik dan yang lainnya.

Karena keunggulan yang dihasilkan dari power coating ini sangat banyak, tentunya proses yang ditempuh juga tidak sembarang.

Ada beberapa teknik yang perlu dilewati sehingga benar-benar menjadikan hasil dari objek yang berkualitas.

Namun pastikan untuk menghasilkan kualitas atau daya perekatan yang sempurna, bahan yang digunakan hendaknya harus dibersihkan atau diberikan sebuah treatment.

Leave a Comment